Resensi Novel Terjemahan Mockingjay ( The Hunger Games #3)

22.33 Damar Tyas 0 Comments





Meraih Kedamaian Dengan Para Pemberontak
Judul                           : Mockingjay
Pengarang                  : Suzanne Collins
Penerjemah                : Hetih Rusli
Penerbit                       : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit                 : 2012
Cetakan pertama        : Januari, 2012
Tebal buku                  : 432 halaman
No. ISBN                     : 978 – 979 – 22 – 7843 – 9
Isi Pokok Buku :
Novel ini merupakan novel terakhir dari trilogi The hunger games. Dalam novel ini, menceritakan tentang Katniss Everdeen, gadis berusia 17 tahun yang merupakan salah satu korban permainan yang disebut Quartel Quell (bagian dari the hunger games yang dilaksanakan setiap 75 tahun sekali). Dalam permainan quartel quell tersebut, dia dianggap sebagai perusak karena telah menghancurkan medan gaya dengan panahnya di arena permainan itu. Hidupnya yang sangat menyedihkan dan selalu dalam pengaruh morfin. Presiden Snow sangat membencinya. Setelah distrik 12 hancur, kini ia dan seluruh penduduk dari distrik 12 yang masih selamat berada di distrik 13. Mereka dilindungi disana.
            Sehabis quartel quell, pemberontakan semakin merajalela di distrik-distrik lain untuk menjatuhkan capitol. Demi mencapai kemenangan bagi para pemeberontak, Coin dan Plutarch meminta Katniss agar menjadi mockingjay. Karena dendamnya kepada Presiden Snow dan beberapa alasan lainnya, terutama untuk menyelamatkan Peeta, ia pun setuju. Ia mulai menyatukan distrik-distrik dengan berbagai cara. Mulai dari video rekaman, peperangan, dan janji kemenangan bagi penduduk panem.
Agar Katniss akan terus melanjutkan perjuangan, Plutarch mengirim tim penyelamat untuk menyelamatkan  Peeta dan korban lainnya yang ditahan di capitol dan salah satu sukarelawan yang ikut adalah Gale. Mereka berhasil diselamatkan, akan tetapi Peeta telah dicuci pikirannya oleh orang-orang di capitol. Mereka membuat Peeta menjadi sangat membenci katniss. Segala hal tentang Katniss hanyalah hal-hal yang buruk. Bahkan Peeta menganggap Katniss sebagai mutt yang jahat. Semua orang berusaha untuk menyadarkan Peeta.
Seiring berjalannya waktu, ingatan Peeta perlahan-lahan kembali setelah berbagai usaha yang telah dilakukan. Dan juga misi para pemberontak untuk menyerang capitol berhasil dilaksanakan. Namun ditengah penyerangan capitol, adik Katniss, Prim yang bertugas memberi pertolongan kepada para korban luka harus ikut terkena ledakan bom yang dijatuhkan oleh orang capitol. Katniss yang melihat kejadian itu dengan jelas, sangat histeris dan melakukan penyerangan semakin menjadi-jadi. Hingga pada  akhirnya kemenangan berada di tangan para pemberontak. Presiden Snow pun ditembak mati serta dilakukannya penghapusan permainan the hunger games.
 Setelah kejadian itu, Katniss dan korban the hunger games kembali ke distrik mereka masing-masing. Sementara Gale, melakukan suatu pekerjaan hebat di distrik 2. Peeta dan Katniss yang kembali ke distrik 12 memutuskan untuk menikah dan hidup bahagia bersama anak-anak mereka.

Kekurangan buku :
Karena novel terjemahan, terkadang ada banyak kosa kata yang kurang dipahami dan juga ada beberapa bagian yang agak sulit untuk dibayangkan.
Kelebihan buku :
Banyaknya kata-kata baru yang ditemukan, dapat menambah perbendaharaan kosa kata kita. Buku ini juga dapat melatih kita mengembangkan imajinasi yang ada dalam pikiran kita.

Sumber : www.okydanbuku.com/2011/08/mockingjay-hunger-games-3.html


BONUS
TRAILER FILM :

You Might Also Like

0 komentar: